tips merawat laptop

cara merawat laptop agar awet

Tips Merawat Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Merawat Laptop Bekas Mulai dari Kondisi Hingga Performanya

Saat ini tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk membeli laptop second hand atau bekas. Laptop bekas berkualitas dari berbagai merk terbaik masih tersedia dan dijual di Indonesia.

Setelah berhasil menentukan pilihan dan membeli laptop bekas yang masih cukup berkualitas. Maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat laptop bekas yang sudah kamu beli.

Lapto bekas dengan kondisi dan performa yang baik dan stabil dapat benar-benar optimal ketika digunakan untuk bekerja.

Berikut saya sajikan beberapa tips bagaimana cara merawat kondisi dan performa laptop bekas :

Aktifkan Screen Saver LCD Laptop Bekas

LCD adalah bagian penting pada sebuah laptop dan memiliki peran cukup vital dalam menampilkan visual.

Agar kondisi LCD laptop bekas yang baru kamu beli kondisinya tetap terjaga dan dapat berfungsi normal saat menampilkan gambar visual ke layar.

Maka sangat penting untuk merawat kondisi LCD laptop bekas secara berkala.

LCD laptop bekas sangat rentang mengalami terjadinya masalah dead pixel. Yaitu munculnya titik hitam atau titik terang pada layar yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada transistor LCD.

Agar LCD laptop bekas tidak mengalami dead pixel. Maka sebaiknya aktifkan fitur screen saver pada layar ketika kamu sering meninggalkan laptop cukup lama dalam posisi layar sedang menyala.

Screen saver berfungsi untuk mencegah layar laptop menampilkan warna yang sama dalam waktu yang lama sehingga tidak membuat pixel menjadi berat.

Pastikan Keyboard Selalu Bersih

Untuk beberapa tipe dan merek laptop tertentu keluaran tahun 2010 biasanya memiliki huruf dan angka keyboard yang mungkin saja sudah mulai memudar.

Huruf dan angka pada keyboard yang memudar tentu akan menyulitkan pengguna ketika akan melakukan pengetikan.

Jika kamu tidak ingin lebih banyak lagi huruf dan angka pada keyboard laptop bekas yang sudah kamu beli memudar.

Sebaiknya jaga kondisi keyboard agar tetap bersih dan terhindar dari tumpukan debu dan partikel kecil yang membuat keyboard tidak berfungsi secara normal.

Lakukan pembersihan keyboard secara berkala dengan vacum cleaner laptop atau sikat khusus pembersih keyboard.

Kamu juga dapat membalik laptop untuk menjatuhkan seluruh partikel halus yang terselip dibagian dalam keyboard.

Lengkapi Laptop Bekasmu dengan Aksesoris Fungsional

Saat ini ada banyak aksesoris tambahan yang bisa digunakan untuk laptop. Beberapa diantara aksesoris tersebut ada yang benar-benar fungsional untuk menjaga kondisi laptop agar tetap baik.

Misalnya keyboard protector : Keyboard protector berfungsi untuk mencegah sentuhan langsung jari dengan keyboard dan dapat membuat debu tidak dapat masuk ke bagian terdalam keyboard.

Skin atau cover laptop : Aksesoris skin atau cover laptop, cukup efektif untuk mencegah terjadinya goresan pada cover utama laptop. Desain skin yang berkualitas, juga dapat meningkatkan tampilan body laptop bekas yang mulai memudar.

Tas laptop : Tas laptop adalah tas yang memang dirancang dengan konsep desain khusus sebagai tempat untuk meletakan laptop. Sehingga memudahkan pengguna membawa laptop untuk berpergian dengan mudah dan aman.

Perhatikan Pemakaian Baterai Laptop

Laptop bekas berkualitas biasanya masih memiliki baterai yang bagus tidak mudah drop.

Agar baterai tetap bekerja baik selama laptop bekas dioperasikan. Tidak ada salahnya jika anda memperhatikan pemakaian baterai laptop yang tepat.

Meski bisa, tapi tidak direkomendasikan menggunakan laptop bekas keluaran tahun lama, dalam posisi tersambung dengan kabel pengisian daya.

Tindakan tersebut dapat membuat baterai laptop bekas keluaran tahun lama beresiko menggelembung.

Agar baterai terisi penuh 100 persen dengan cepat. Sebaiknya pengisian ulang daya baterai laptop bekas dilakukan dalam kondisi laptop tidak sedang digunakan.

Hindari juga menggunakan laptop bekas secara over hingga daya baterai terkuras habis hingga 0%.

Khusus untuk pengguna laptop bekas dengan dukungan baterai jenis Li-Ion. Selalu cabut baterai ketika akan disimpan dalam waktu yang lama. Pastikan juga baterai Li-Ion dalam kondisi terisi 50 %.

Cara tersebut efektif mencegah penurunan batery health pada baterai laptop jenis Li-Ion.

Selalu Gunakan Laptop Pada Tempat yang Tepat

Agar laptop bekas tetap stabil selama dioperasikan untuk segala urusan pekerjaan kamu.

Selalu perhatikan juga bagaimana cara kamu saat akan menggunakan laptop bekas yang sudah kamu beli.

Hindari menggunakan laptop pada tempat yang tidak tepat. Misalnya menggunakan laptop di atas tempat berbahan yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik.

Misalnya, menggunakan laptop di atas bantal atau di atas meja kayu dalam waktu yang lama.

Tindakan itu dapat membuat suhu panas dari dalam laptop tidak dapat terhantar keluar dari laptop dengan baik.

Laptop bekasmu sangat mungkin mengalami overheating dan bisa menganggu kinerja yang berujung pada kerusakan hardware laptop.

Akibat dari overheating, kipas laptop akan terdengar kencang dan menimbulkan bising ketika dioperasikan. Laptop juga dapat restart berkali-kali atau bahkan mati total.

Lakukan Upgrade Hardware

Bagi kamu yang kemungkinan masih memiliki dana lebih dan ingin performa laptop bekas yang sudah kamu beli setingkat lebih baik.

Maka tidak ada salahnya jika kamu melakukan pembaharuan pada beberapa bagian hardware laptop bekas yang menurut kamu perlu diupgrade.

Kamu bisa melakukan upgrade pada beberapa bagian hardware seperti ram, prosesor, atau bahkan mengganti HDD laptop bekasmu dengan SSD.

Pastikan Fitur Perangkat Bekerja

Laptop bekas biasanya juga dilengkapi dengan fitur-fitur penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya bluetooth, WiFi, WebCam dan lainnya.

Agar seluruh fitur berfungsi dan dapat digunakan secara maksimal. Terlebih dahulu kamu harus memastikan apakah driver-driver fitur tersebut sudah terinstal pada laptop bekas kamu.

Jika belum, segera instal seluruh driver laptop yang kamu perlukan. Sehingga kamu tidak mengalami kendala selama menggunakan fitur tersebut pada laptop bekas yang sudah dibeli.

Gunakan Laptop Dengan Cara yang Tepat

Performa laptop baik baru atau bekas dapat saja terganggu kestabillannya karena banyak faktor.

Misalnya saja gangguan infeksi virus laptop. Selalu gunakan laptop dengan cara yang tepat saat terkoneksi dengan sambungan internet. Hindari mengunjungi dan membuka situs berisi malware berbahaya.

Tidak direkomendasikan juga untuk mendownload dan menginstal file exe atau aplikasi dari sumber asing yang tidak jelas.

Lengkapi juga laptop bekas yang baru saja kamu beli dengan dukungan antivirus terbaik yang ringan.

Kesimpulan

Membeli laptop second hand atau bekas bisa jadi alternatif bagi mereka yang ingin menekan anggaran belanja produk teknologi canggih.

Selain harus tetap jeli dan teliti saat melakukan pembelian laptop bekas. Kamu juga perlu melakukan perawatan berkala yang diimbangi cara pemakaian yang benar.

Sehingga membuat laptop bekas yang sudah dibeli kondisinya tetap terjaga dan performanya stabil ketika digunakan untuk kerja.

Baca artikel yang lain mengenai VGA Terbaik

LEAVE A REPLY