transfer data android ke pc

cara transfer data android ke pc

Transfer Data Android ke PC

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Mudah Transfer Data Android ke PC Tanpa Kabel

Smartphone sudah menjadi barang yang pasti tidak lupa dibawa kemana saja kita pergi. Sekarang semakin banyak dan canggih smartphone yang beredar, banyak aktivitas pekerjaan kita yang disimpan di dalam smartphone itu dan terkadnag kita membutuhkan data itu dipindah ke dalam PC atau laptop. Nah bagaimana cara memindah data yang mudah tanpa harus pakai kabel? Bagi anda yang sering mobile pasti ribet kalau harus bawa kabel kemana-mana. Bagi pengguna Android saya mau share sedikti cara memindah data tanpa harus menggunakan kabel.

Transfer Data Android ke PC Pakai Flashdisk

Cara yang pertama ini anda bisa menggunakan flashdisk. Sekarang ada 2 macam flashdisk, flashdisk standart biasa yang hanya menggunakan konektor USB saja dan atau juga flashdisk yang memiliki 2 konektor USB dan micro USB.

Bagi anda yang menggunakan flashdisk biasa:

  • Anda harus memformat flashdisk anda ke format FAT32 tidak boleh NTFS karena Android tidak bisa detect format NTFS
  • Siapkan kabel OTG (dari micro usb ke USB female)
  • Anda tinggal tancapkan dan pindah data dari smartphone ke flashdisk

transfer data android ke pc pakai flashdisk otg

Bagi anda yang menggunakan flashdisk OTG:

  • Anda harus memformat flashdisk anda ke format FAT32 tidak boleh NTFS karena Android tidak bisa detect format NTFS
  • Karena sudah ada konektor micro USB maka anda sudah tidak butuh kabel OTG lagi jadi tinggal tancap saja dan pindahkan data ke flashdisk itu.

Caranya mudah bukan? Tetapi cara ini terkadang ada kendala yaitu flashdisk tidak bisa terdeteksi sehingga anda kesulitan untuk memindah data. Cara yang kedua ini lebih praktis dan mudah.

Transfer Data Android ke PC Tanpa Kabel

Cara kedua ini adalah menggunakan suatu Apps namanya adalah AirDroid. AirDroid ini adalah suatu Apps yang membantu kita untuk melakukan transfer data secara wireless jadi anda sudah tidak perlu repot pakai kabel atau flashdisk. Syaratnya adalah di rumah anda harus ada wireless router sehingga smartphone anda bisa terhubung ke router kemudian transfer data ke laptop atau PC.

Peratalan yang harus disiapkan untuk melakukan transfer data:

  • Wireless router
  • Download Aplikasi AirDroid
  • Buka Browser pada PC atau laptop

Setelah semua siap cara untuk meindahkan datanya sangat mudah sekali dan tampilannya pun sudah bagus jadi kita dimudahkan untuk menggunakan aplikasi ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi AirDroid pada smartphone anda.

transfer data android ke pc (3)

  • Buka browser anda dan ketikkan IP Address yang tertera pada smartphone Andorid anda. Pastikan IP Address tertulis lengkap misalnya: 192.168.0.3:8888
  • Setelah itu pada smartphone akan muncul persetujuan agar PC atau laptop bisa mengakses Android. Tekan Approve

transfer data android ke pc (2)

  • Setelah itu pada browser akan tampil tampilan Utama AirDroid. Anda bisa melihat disana anda dapat men-download foto, file, music, dll

 transfer data android ke pc

Sangat mudah bukan? Anda cukup menghubungkan dengan wifi router maka anda bisa mengakses smartphone android anda pada PC atau laptop.

Kesimpulan

Untuk melakukan transfer data android ke PC saat ini anda sudah tidak perlu menggunakan kabel lagi anda bisa menggunakan flashdisk atau aplikasi AirDroid. Saat ini wifi router sudah hampir dimiliki oleh kebanyakan rumah apalagi kantor sudah pasti ada. Jadi cara transfer data android ke PC dengan AirDroid sangat mudah dan sederhana. Semoga tips ini bisa membantu anda yang sering pindah data dari PC ke Android atau sebaliknya. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung meninggalkan komentar di bawah posting ini.

Baca artikel yang lain mengenai Ciri-Ciri Power Bank Samsung Asli – Apakah Samsung Mengeluarkan Power Bank

LEAVE A REPLY

Anal