ultrabook atau laptop

pilih ultrabook atau laptop

Ultrabook atau Laptop

Blog about all latest PC & tech related news and info

Unggul Mana Sih Antara Ultrabook atau Laptop?

ultrabook atau laptopJika saat ini Anda tengah kebingungan untuk memilih ultrabook atau laptop maka kami akan berikan gambaran dari keduanya secara detail dalam artikel ini. Tujuannya tentu untuk membantu Anda memperoleh gambaran yang tepat akan keduanya hingga dapat menentukan mana di antara keduanya yang lebih dibutuhkan atau yang paling cocok dengan aktivitas hariannya. Terutama dalam membantu pekerjaan Anda sehari-hari yang tentunya tidak lepas dari perangkat berteknologi canggih ini.

Untuk itu, marilah kita kenali satu per satu.

Ultrabook

Istilah ultrabook ini muncul pertama kali sebagai respon dari dikeluarkannya machbook Air yang oleh Apple. Animo yang luar biasa terhadap machbook Air ini tentu membuat para produsen laptop juga tak mau kalah saing untuk mengeluarkan barang dengan kualitas serupa yang terdapat dalam machbook air.

Tidak kalah juga dengan mempublikasikan laptop keluaran terbaru mereka yang super ringan dan tipis dengan sebutan ultrabook. Dengan kata lain, istilah ultrabook ini merujuk pada laptop yang sejenis Machbook Air yang dikeluarkan oleh Intel.

Biasanya sebuah laptop baru dikatakan sebagai ultrabook jika ia memiliki berat sekitar 1,5 kg dengan ketebalan tidak lebih dari 2 cm. Sementara itu, ukuran layar yang ditawarkan adalah 11 hingga 15 inci. Bentuknya yang tipis dan ringan ini sudah tentu tidak memungkinkannya untuk menggunakan CD drive hingga SSD (Solid State Drive) menjadi alternative penggantinya. Lebih ringan untuk dibawa ke mana-mana.

Penggantian dengan SSD ini tentunya justru membuatnya mampu bekerja dengan lebih cepat dan lebih baik. Hingga laptop berukuran kecil dan ringan yang menyerupai netbook ini sangat cocok untuk mengerjakan berbagai tugas multitasking termasuk menjalankan berbagai aplikasi atau software yang cukup berat.

Kecuali jika yang dimaksud adalah game-game 3D yang tentunya cukup membuatnya bekerja cukup berat hingga tidak menghasilkan performa yang kurang begitu bagus. Walaupun ada juga yang digadang-gadang cukup baik untuk digunakan bermain game 3 dimensi yang cukup berat itu.

Dari spesifikasi umum tersebut secara sederhana ultrabook ini adalah salah satu jenis laptop yang dibuat sedemikian rupa hingga terlihat lebih ringkas dan ringan. Desain yang dihasilkan serta bahan yang dipilihpun tentu beragam hingga terlihat lebih eksklusif dibandingkan dengan laptop. Keunggulan SSD yang dimilikinya tentu mengalahkan pendahulunya HDD (Hard Disk Drive). Itulah sebabnya performa yang dihasilkan bisa jadi setara atau bahkan jauh lebih baik dari laptop.

Laptop

Laptop adalah generasi pertama dari komputer portable. Untuk kemampuan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laptop termasuk fasilitas yang dimilikinya. Hanya saja laptop lebih unggul karena bentuk dan ukurannya yang memungkinkannya untuk dibawa atau dipindah-pindah ke mana-mana.

Laptop juga bisa bekerja tanpa harus terhubung pada kabel karena sudah menggunakan batrai. Pun dengan fungsi mouse yang bisa tergantikan dengan touchpad.

Laptop termasuk generasi awal dari komputer jinjing. Itulah yang menyebabkan ukurannya cukup besar, tebal dan memiliki berat yang cukup lumayan bahkan hingga 6 kg dengan ketebalan antara 12 hingga lebih dari 15 inci dibandingkan generasi penerusnya yang kita kenal dengan notebook.

Istilah yang menggeser penyebutan publik terhadap laptop. Sementara itu, spesifikasi yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan laptop. Hanya saja berbicara berat dan ketebalan notebook dapat dikatakan lebih unggul dari yang biasa disebut orang dengan laptop.

Kemampuanya sebanding dengan PC karena semua fasilitas yang mendukung PC hampir semuanya juga dimiliki oleh apa yang disebut orang dengan Notebook atau laptop.

Jadi sebetulnya laptop dan notebook itu menjadi berbeda istilahnya karena kecenderungan orang saja yang menyebutkannya. Ada yang lebih senang menyebutnya dengan laptop ada, namun sebagian orang juga lebih senang menyebutnya dengan notebook. Terutama para produsen yang membuat namanya terdengar lebih modern dibandingkan dengan laptop.

Perbandingan Ultrabook dan Laptop, Mana Lebih Unggul?

Secara umum untuk membedakan antara ultrabook dengan laptop dapat kita lihat dari beberapa poin sebagai berikut ini.

  • Ukuran ultrabook lebih kecil dibandingkan dengan laptop.
  • Berat ultrabook lebih ringan dibandingkan dengan laptop.
  • Ketebalan ultrabook lebih tipis dibandingkan dengan laptop.
  • Layar yang dimiliki ultrabook pada umumnya lebih kecil dibandingkan laptop.
  • Perangkat yang dimiliki ultrabook lebih sedikit dibandingkan dengan laptop.
  • Kapasitas yang dimiliki ultrabook lebih besar dibandingkan dengan laptop.
  • Kecepatan membaca atau menulis ultrabook lebih cepat dibandingkan dengan laptop.
  • Kemampuan ultrabook ketika bekerja dengan menggunakan software atau aplikasi-aplikasi berat lebih baik dibandingkan dengan laptop.
  • Ultrabook menggunakan baterai yang lebih tahan lama dibandingkan dengan laptop.
  • Hampir semua ultrabook sudah menggunakan SSD, sedangkan laptop hanya sedikit sekali yang sudah menggunakan SSD.
  • Harga ultrabook jauh lebih mahal dibandingkan dengan Laptop.
  • Jika dilihat dari bahan dan design, ultrabook memiliki variasi yang lebih banyak dibandingkan dengan laptop.

Itulah ultrabook dan laptop yang kini sudah bisa Anda bedakan dengan jelas. Dengan penjelasan ini setidaknya Anda tidak kebingungan lagi dengan istilah yang dipergunakan baik dalam pergaulaun sehari-hari atau keperluan pembelian perangkat komputer pada produsen penyedia berbagai perangkat komputer.

Jadi sekarang mau pilih ultrabook atau laptop? Apa pun itu, tentunya pastikan yang dipilih adalah sesuai dengan kebutuhan dan tentunya kemampuan Anda.

Baca artikel yang lain mengenai Mendeteksi Kerusakan Komputer

LEAVE A REPLY