upgrade komputer untuk game

cara upgrade pc untuk game

Upgrade Komputer Untuk Game

Blog about all latest PC & tech related news and info

Tips Upgrade Komputer untuk Game Super Berat

Upgrade Komputer Untuk Game

PC singkatan dari Personal Computer menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini. Penggunaan PC semakin popular sejak adanya booming internet atau social networking. Bagi beberapa orang PC digunakan untuk menunjang tugas kantor, tugas kuliah, nonton film, atau bermain game.

Komputer Khusus Bermain Game

Untuk kebutuhan tugas dan nonton film tidak membutuhkan PC dengan performa yang tinggi, anda bisa menggunakan komputer dengan spesifikasi low-end. Namun berbeda dengan mereka yang menggunakan PC untuk main game, dibutuhkan performa yang super atau komputer yang memiliki spesifikasi mid-end. PC khusus bermain game disebut game’s system requirement atau yang kita kenal dengan sebutan PC gaming.

Secara sederhana pengertian PC Gaming adalah komputer yang khusus dirancang untuk bisa menjalankan permainan game dengan lancar dengan tampilan gambar dan efek yang memuaskan. Saat ini berbagai jenis game bisa dimainkan oleh pecinta game dengan efek 3D dan kerumitan menyelesaikan misi. Semakin tinggi resolusi pada perangkat yang digunakan maka perangkat yang digunakan dituntut memiliki spesifikasi yang tinggi pula. Selain agar saat digunakan tidak mengalami gangguan, spesifikasi yang tinggi bisa membuat grafis terlihat lebih tajam. Sehingga bermain game menjadi lebih menantang dan seru.

Upgrade Komputer Khusus Game

Dibandingkan PC biasa, harga PC gaming lebih mahal. Karena spesifikasinya yang lebih tinggi agar kecepatan proses dan grafis yang dihasilkan bagus Komponen utama yang memengaruhi kecepatan komputer adalah: kecepatan processor, VGA dan jenis RAM (memory).

Namun untuk sebuah kesenangan dan hobi untuk beberapa orang tidak menjadi masalah. Lalu apakah komputer yang biasa digunakan sehari-hari bisa diubah menjadi komputer/PC gaming? Bagi Anda yang memiliki dana terbatas bisa mengupgrade komputer yang Anda miliki. Mengupgrade komputer cenderung lebih ekonomis dibanding beli komputer gaming baru. Upgrade adalah mengganti atau menambahkan beberapa hardware agar perform laptop menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Komponen Penting Komputer

Sebelum PC diupgrade, tentunya Anda perlu mengetahui fungsi pada masing-masing komponen yang penting. Berikut penjelasan tentang komponen penting komputer yang harus Anda ketahui.

Hard disk dan SSD

Hard disk dan SSD adalah salah satu komponen yang berperan penting pada kinerja komputer. Yang memengaruhi kinerja hard disk adalah kapasitas dan umur penggunaannya.

Jika hard disk komputer Anda kapasitasnya masih 32 – 64 GB, sebaiknya Anda menambah kapasitas hard disk. Kenapa? Karena ukuran game keluaran terbaru ukurannya cukup besar, misalnya game Battlefiled yang ukurannya hingga 16 GB. Lebih aman jika anda menggunakan hard disk dengan kapasitas minimal 250 GB atau lebih.

RAM

Random Access Memory atau yang kita kenal dengan singkatannya RAM adalah bagian penting dari komputer. Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data. Jadi data yang dibutuhkan akan diproses terlebih dahulu, lalu disimpan dalam storage yang akan digunakan pada komputer.

Semakin besar kapasitas RAM maka semakin besar pula informasi yang bisa langsung Anda proses dan semakin cepat pula komputer melaksanakan perintah yang Anda berikan. Kapasitas RAM disarankan upgrade minimal 4 GB.

VGA

VGA atau Video Graphics Accelerator adalah komponen komputer yang menentukan kualitas grafis (visual). Jika komputer Anda masih menggunakan VGA jenis on-board maka tidak memungkinkan Anda memainkan game dan program yang berat. Kecuali jenis processor komputer Anda AMD APU series.

Anda bisa menggunakan teknologi VGA terbaru seperti: Phisyx, cuda core, GDDRS, 3D vision, dan lain sebagainya.

Processor

Processor adalah komponen yang menjadi otak komputer. Semakin cerdas processor maka kemampuannya semakin tinggi pula. Seperi halnya otak manusia, processor bekerja melakukan berbagai perhitungan yang harus dilakukan serta memberikan perintah ke komponen-komponen yang ada. Jadi, semakin bagus processor maka semakin andal performa komputer secara keseluruhan.

Motherboard

Motherboard adalah komponen yang menjadi induk dari komputer. Motherboard berupa papan yang berfungsi menghubungkan kompenen-komponen yang ada, contohnya menghubungkan prossesor dan memori yang menjadi sebuah komputer yang bisa Anda gunakan.

Karena fungsinya sangat vital maka jika Anda membeli komputer sebaiknya pilih yang menggunakan motherboard yang sudah kompatibel dengan komponen lainnya. Nah jika motherboard komputer Anda masih jenis Pentium IV ke bawah maka harus diganti. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan memilih motherboard yang tepat, yaitu:

  • Pilih motherboard yang 100% menggunakan solid capasitor agar lebih kuat.
  • Pilih chipset model terbaru.
  • Khusus kebutuhan bermain game sebaiknya pilih yang ukurannya besar dengan slot memory 4.

Power Supply

Semakin canggih komponen komputer maka daya yang dibutuhkan juga besar. Jika tidak maka komputer tidak akan kuat mensuplay daya yang dibutuhkan. Artinya Anda juga harus menguprade Power Supply (PSU). Minimal PSU harus diganti jika powernya tidak mumpuni, yaitu di atas 500 watt. Apabila PSU untuk bermain game tidak mumpuni, bisa menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain terutama hard disk.

Setelah selesai memaksimalkan komponen komponen, Anda bisa memilih komponen lainnya yang bisa membuat aktivitas bermain game menjadi lebih lengkap, seperti monitor, keyboard, mouse, dan joystick.

Untuk monitor, Anda bisa menggunakan jenis yang sesuai dengan selera. Namun ada beberapa yang harus Anda perhatikan khususnya, monitor yang digunakan untuk bermain game, yaitu penggunaan layar LED lebih hemat dibandingkan jenis layar LCP atau CRT. Agar resolusi tampilan pada layar lebih halus dan besar sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan kartu grafis. Tambahkan perlengkap lainnya yang dapat membuat audio lebih jelas, seperti speaker dan headphone.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Merawat Power Bank

LEAVE A REPLY

Anal