ups komputer

ups untuk komputer

UPS Komputer

Blog about all latest PC & tech related news and info

Cara Memilih UPS Komputer Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

ups komputer

Anda pasti pernah mengalami saat anda sedang asik dengan komputer anda tiba-tiba listrik mati jadi komputer anda ikut mati. Kalau tidak rusak mungkin tidak apa-apa tetapi jika ada yang rusak tentu saja anda akan jengkel. Solusi untuk masalah itu adalah dengan menggunakan UPS Komputer. UPS berfungsi sebagai baterai saat listrik mati jadi komputer anda tidak langsung mati tetapi masih bisa hidup sebentar sehingga anda dapat melakukan shutdown sehingga komputer tidak rusak. Komponen komputer yang sering rusak saat listrik mati adalah hard disk.

Mengapa Perlu Menggunakan UPS Komputer?

Kita bahas dulu bagian pentingnya kenapa kok perlu pakai UPS? Padahal harga komputer sudah mahal dan anda masih harus menambah budget untuk menambah UPS komputer. Mari kita bahas dimana sih UPS berperan penting bagi komputer anda.

UPS komputer berfungsi sama seperti baterai pada laptop, sehingga saat lampu mati komputer tidak akan langsung mati. Komputer yang langsung mati saat listrik mati ada komponen-komponen yang mati tidak pada waktunya sehingga komponen itu menjadi rusak. Contohnya saya pernah mengalami listrik mati berkali-kali dan sayangnya waktu itu saya tidak pakai UPS akhirnya hard disk 1TB saya jadi rusak padahal data-data sebanyak 1TB ada disana semuanya dan tidak bisa direstore ulang. Bagaimana jika itu terjadi pada anda? Jengkel, menyesal, marah, dll itu yang pasti anda rasakan. Maka dari itu lebih baik buang uang untuk membeli UPS agar data-data anda aman karena memang hard disk adalah bagian yang paling sensitif jika terkena listrik mati.

Merk UPS Komputer Yang Paling Sering Dipakai

Setelah kita tahu harus menggunakan UPS berikutnya kita harus tahu UPS komputer apa yang sering dipakai sehingga anda tidak salah saat membeli. Berikut ini menurut pengalaman saya ada beberapa merk UPS yang paling sering dipakai:

  • ICA
  • Prolink
  • APC

Peringkat pertama dipegang oleh UPS ICA, paling sering customer saya baik itu pribadi ataupun perusahaan semuanya suka dengan merk ICA. Merk-merk UPS komputer mempunyai berbagai macam kapasitas mulai dari 600VA sampai dengan 2000VA keatas. Tapi ingat beberapa hal berikut ini:

  • Makin besar VA bukan berarti bisa menahan komputer menyala lebih lama.
  • Makin besar VA artinya mampu menahan komputer dengan daya lebih besar. Misal 2000VA mampu menahan 2 komputer sekaligus sedangkan 600VA hanya bisa 1 komputer saja.
  • Untuk komputer biasa anda cukup menggunakan 600VA untuk komputer dengan daya yang besar (power supply 600Watt ke atas dan monitor yang besar) anda perlu UPS 1200VA.
  • APC adalah merk terkenal dan handal dalam UPS komputer jika anda belum mengenalnya anda cek harga APC dan merk lainnya anda pasti akan tercengang melihat bedanya. Beda harganya bisa hampir 2x lipat dari merk lain.
  • Merk prolink dan ICA selevel kalau menurut pendapat saya. Jika budget anda berlebih saya rekomendasikan membeli APC jika budget standart lebih baik pakai ICA atau Prolink.

Memilih UPS Yang Cocok Untuk Komputer Anda

Anda sekarang sudah mengetahui merk-merk yang sering dipakai dipasar seperti apa. Sekarang mari kita pelajari bagaimana memilih UPS yang cocok untuk komputer anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda ikuti:

  • Cek dulu berapa Watt power supply yang anda pakai untuk komputer
  • Cek berapa daya yang dipakai oleh monitor anda. Makin besar ukurannnya makin besar daya yang dibutuhkan.
  • Apakah anda juga ingin printer anda dilewatkan ke UPS?
  • Cek Anda membutuhkan berapa konektor yang harus menancap di UPS karena UPS terkadang hanya menyediakan 1 lubang saja jadi anda perlu membeli perpanjangan kabel dan ditancap di UPS agar bisa dipakai untuk komputer dan PC

Contoh hasil dari pengecekan yang anda lakukan misalnya seperti di bawah ini:

  • Power supply menggunakan 500Watt
  • Monitor dengan ukuran 19 inch
  • Printer tidak ada
  • Perlu kabel perpanjangan agar monitor dan PC bisa menancap ke UPS.
  • Kesimpulannya = anda perlu UPS dengan kekuatan 1200VA mengapa? Karena jika anda menggunakan 600VA dan anda upgrade power supply UPS anda sudah tidak kuat nantinya apalagi jika anda ingin mengikutkan printer ke UPS. Faktor lain: UPS 600VA dan 1200VA untuk merk standart seperti ICA biasanya harga tidak terpaut jauh jadi lebih baik anda beli 1200VA.

Perawatan UPS Komputer

Untuk UPS komputer sebenarnya tidak perlu sampai perawatan yang spesial karena yang perlu dirawat sebenarnya adalah baterai didalamnya saja. Biasanya kerusakan hanya terjadi pada baterai UPS saja jadi pada jangka waktu tertentu anda perlu mengganti baterai UPS. Misalnya dalam jangka 1 tahun anda perlu ganti baterai UPS, untuk UPS 1200VA baterai biasanya ada 2 unit. Penggantian baterai berkala ini akan membuat UPS anda selalu siap saat listrik mati, jika baterai sudah drop tidak anda ganti maka akibatnya saat listrik mati UPS tidak kuat menahan komputer dan komputer akan langsung mati.

Kesimpulan

Itulah posting mengenai UPS untuk komputer dan mengapa UPS komputer sangat penting bagi komputer desktop anda. Pada posting ini anda juga bisa mempelajari cara memilih UPS komputer yang benar-benar cocok buat anda sehingga anda tidak salah memilih. Jika anda ingin bertanya atau berdiskusi bisa langsung menuliskan komentar di bagian bawah posting ini. Semoga posting ini membantu para pembaca setia blog dsolusindo.

Baca artikel yang lain mengenai Kelebihan Windows 10

5 RESPONSES

  1. Cara Merawat Komputer Dengan Baik

    November 8, 2015 1:23 am

    REPLY

    UPS menjadi barang yang wajib untuk komputer kerana kalau tanpa UPS sangat beresiko kalau mati lampu

    BTW thanks tips nya

  2. Nur Halimah

    July 1, 2016 11:07 pm

    REPLY

    Kalau PC dimatikan, apa UPS juga harus dimatikan?

    • eddy setiawan

      July 2, 2016 7:21 am

      REPLY

      Pendapat kami sebaiknya dimatikan. Selain hemat listrik agar menjaga komponen di dalam UPS tidak panas.

  3. canra

    October 13, 2016 10:40 pm

    REPLY

    apakah perlu stabilizer ..

    • eddy setiawan

      November 1, 2016 7:23 am

      REPLY

      Perlu gan jadi arus listrik biar lebih stabil lagi saat masuk UPS

LEAVE A REPLY